Berita

SIAP SIAGA (Semangat, Integritas, Akuntabel, Profesional, Kolaborasi, Andalan Warga)

“SIAP SIAGA” (Semangat, Integritas, Akuntabel, Profesional, Kolaborasi, Andalan Warga) implementasi produk inovasi budaya kerja, sejalan dengan kultur, budaya dan budi pekerti, seimbang dengan irama periodik zaman”.

OLEH : HENDRI KURNIADI, S.STP. M.Si

Keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja tak pernah lepas dari pro dan kontra. Di satu sisi, perannya dibutuhkan untuk menciptakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, Penegakan Perda dan Perkada. Namun, di sisi lain, tindakannya kerap dilekatkan oleh masyarakat dengan konotasi negatif yang tak mudah untuk dihapuskan.

Bagi Satpol PP Provinsi Kepri hal ini menjadi pekerjaan rumah walau stigma negatif tersebut tidaklah sepenuhnya benar atau salah. Oleh karena itu, sebagai introfeksi diri dalam upaya perbaikan dari internal, dilakukanlah observasi dan eksplorasi permasalahan, dari usaha itu mendapatkan pemetaan simpul -simpul yang harus menjadi perhatian dan pembenahan dalam meningkatkan disiplin pegawai menjadi budaya kerja dan berjiwa humanis.

Pemetaan simpul tersebut, melahirkan inisiasi gagasan inovasi budaya kerja yaitu “SIAP” (Semangat, Integritas, Akuntabel, Profesional) tagline ini diluncurkan untuk membakar semagat anggota Satpol PP dalam menjalankan tugas, dimana poin yang ingin didapat adalah patuh, disiplin dan taat serta humanis, jujur dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas. Kehadiran Tagline SIAP di Satpol PP Provinsi Kepri juga dimuarakan untuk meningkatkan indeks kepercayaan masyarakat, akuntabel dan transparan dalam penyelenggraraan anggaran.

“SIAP” juga sebagai jawaban tantangan problem optimalisasi penegakan perda/ perkada dan penanggulangan kebakaran. berdasarkan penilaian umum dari tagline SIAP mampu menaikan nilai positif bagi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satpol PP Provinsi Kepri, diantaranya penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari tahun 2021 bertengger di angka 68,65 dengan katagori B namun di Tahun 2022 naik menjadi 71,85 dengan katagori BB, indeks disiplin absensi dari BKD cukup menjadi sangat baik dan penilaian Indeks Penyelenggaraan Ketertiban dan Ketentraman Umum (IPKKU) dari Kemendagri dengan nilai 76,98 katagori B.

Kemudian, seiring perkembangan dan perjalanannya serta kebutuhan saat ini, dirasa perlu meletakankan pondasi nilai – nilai doktrin SIAP yang berkelanjutan agar tujuan dasar lahirnya Satpol PP dapat di capai, sehingga di tahun ke -2 perjalanannya melahirkan evolusi gagasan yaitu “SIAP SIAGA” (Semangat, Integritas, Akuntabel, Profesional, Kolaborasi, Andalan Warga).

Maksud dan tujuan Penambahan kata SIAGA pada SIAP adalah solusi mencairkan stigma negatif terhadap Satpol PP. Penerapanya terdapat program membagun kesadaran, menjalin kerjasama dan meletakan pendekatan emoaional dalam edukasi.

Inovasi budaya kerja “SIAP SIAGA” menyasar kerjasama Satpol PP Se-Provinsi Kepri dan pada saat ini telah terjalin kerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Bintan, Satpol PP Kota Tanjungpinang dan Damkar Kota Tanjungpinang kemudian akan dilanjutkan kolaborasi promosi inovasi budaya kerja pada Satpol PP Kabupaten/Kota yang lain

Kerjasama inovasi SIAP SIAGA terdapat tiga tahapapan yaitu rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Adapun Tahapan rencana strategis pada jangka pendek, Kerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Bintan dan Satpol PP Kota Tanjungpinang dalam mempromosikan budaya SIAP SIAGA meliputi ruang lingkup pertukaran informasi dan data, penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat, sosialisasi, koordinasi, monitoring dan evaluasi , mengimplementasikan patroli bersama di kawasan strategis pusat pemerintahan Provinsi Kepri dan wilayah kabupaten/kota.

Sedangkan Perjanjian kerjasama dengan Damkar dan penyelamatan Kota Tanjungpinang dalam mempromosikan inovasi budaya kerja SIAP SIAGA meliputi kesepakatan melaksanakan kemitraan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dilokasi pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau atau Pulau Dompak. Pelatihan pemadaman, pencegahan, penanggulangan, penyelamatan, penanganan B3, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan SDM aparatur pemadam kebakaran.

Kami percaya dan sadar ruh Satpol PP terletak di transparansi, disiplin, akuntabel, profesional dan berbudi pekerti/berahlak, kami terus bergerak beradaptasi terhadap tantangan perubahan zaman dengan berupaya mempeebaiki SDM, menggerakan roda produktivitas tiap – tiap komponen dan Doktrin berkelanjutan Budaya Kerja.

Pada akhirnya, diharapkan Satpol PP menjadi mitra utama masyarakat dalam menjaga ketentraman, ketertiban umum dan Keamanan Masyarakat. Organisasi Perangkat Daerah terpercaya, transparan, akuntabel dan andalan masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button